[Tugas Sekolah] Bahasa Indonesia/Rangkuman Buku Ilmiah Populer - Televisi Sebagai Media Pendidikan
Oke.. setelah sekian lama saya tidak memposting apapun, hari ini saya mau nambah satu postingan. sebenarnya males dan bingung mau ngisi apa. tapi yadadeh buat menuhin blog saya isi dengan tugas bahasa Indonesia saya. hahaha..
[Tugas Sekolah] Bahasa Indonesia/Rangkuman Buku Ilmiah Populer - Televisi Sebagai Media Pendidikan
Nama Pengarang :
Darwanto sastro Subroto
Penerbit : Duta Wacana University Press
bekerja sama dengan Media Wiyata
Kota terbit :
Yogyakarta
Tahun terbit :
1992
Tebal Buku :
224 halaman
Cetakan :
Kedua
Rangkuman :
1.
Arti Komunikasi Massa
Kalau kita berbicara
masalah komunikasi massa, tentu media massa tidak akan ketinggalan dibicarakan.
Karena komunikasi massa hanya dapat berlangsung melalui media massa.
Dapat disimpulkan
arti komunikasi massa adalah :
a. Komunikasi
massa jumlahnya banyak dan tersebar dan heterogen
b. Dalam
berkomunikasi memerlukan “medium” media cetak atau media elektronik atau dengan
kata lain media massa modern.
2.
Fungsi Media Massa
Media massa berfungsi sebagai berikut :
1)
Sebagai media berita dan penerangan
2)
Sebagai media pendidikan
3)
Sebagai media hiburan
4)
Sebagai media promosi
Sedangkan televisi sendiri di Indonesia
berfungsi untuk :
1)
Memperkokoh Pokok - Pokok Sosial Budaya
Pengaruh media masa di negara yang sedang berkembang, termasuk Indonesia,
televisi dapat mengarahkan perhatian masyarakatpada masalah pembangunan.
2)
Melakukan adaptasi terhadap budaya asing
Karena keheterogenan masyarakat pemirsa, timbul kesulitan tersendiri
dalam upaya menumbuhkan nilai – nilai kehidupan baru dalam masyarakat.
3)
Kemampuan mengubah norma sosial budaya
Pengaruh siaran televisi tidak disangsikan lagi, khususnya dalam hal
menumbuhkan norma – norma budaya baru, sehingga masyarakat dapat dipengaruhi,
dan lambat laun norma – norma masyarakat yang ada akan terdesak.
b.
Televisi Sebagai Alat Komunikasi Massa
Karena adanya “revolusi” dibidang satelit komunikasi massa yang terjadi pada dekade akhir – akhir
ini, daerah jangkauan siaran televisi siaran televisi, dibelahan bumi
manapunsudah tidak menjadi masalah lagi bagi media massama\eskipun kalau
dihitung dari usia kelahirannya televisi relative masih muda.
c.
Televisi Sebagai Alat Komunikasi bangunan
Media televisi berperan menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai
pembangunan yang sedang direncanakan untuk masa mendatang
3.
Media Massa Mengandung keserempakan
Yang dimaksud keserempakan ialah dalam waktu yang
relatif sama, khalayak dimanapun berada menerima informasi dari media yang
bersangkutan
4.
Etos Komunikator
Komunikasi
melalui media masa akan menjadi lebih efektif, di dalam hal penyebarluasan
informasi . sedangkan dalam hal mempengaruhi komunikasi, komunikasi
interpersonal yang akan menentukan. Dalam hal ini telah dibuktikan melalui
teori komunikasi dua tahap.
5. Pesan
Komunikasi
Kalau
diperhatikan acara siaran baik radio maupun televisi, terbagi manjadi 2
kelompok. Pertama, kelompok acara yang bersifat umum. Sasarannya khalayak
komunikasi secara keseluruhan. Kedua, acara siaran yang sasarannya hanya untuk
kelompok tertentu disebut sebagai kelompok sasaran.
Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa agar komunikasi
menjadi lebih efektif komunikasi massa dan interpersoneal akan saling mengisi.
Hak – hak yang menyebabkan televisi sangat berperan
dalam dunia pendidikan, adalah sebagai berikut :
a.
Buku pelajaran yang tidak mencukupi dan penyebarannya sangat sulit akibat
transportasi yang tidak lancar.
b.
Jumlah kelas tempat belajar sangat terbatas
c.
Peralatan laboratorium jumlahnya terbatas juga
Perihal
penggunaan televisi, khususnya di sekolah memang besar sekali manfaatnya.
Seperti yang diungkapkan oleh Oemar Hamalik sebagai berikut :
a.
Televisi bersifat langsung dan nyata
b.
Televisi memperluas tinjauan kelas
c.
Televisi dapat menciptakan kembali semua
peristiwa yang lalu
d.
Televisi dapat menunjukkan banyak hal dan segi
e.
Televisi menarik minat, bukan saja bagi anak –
anak melainkan juga orang dewasa
f.
Televisi mampu memberi bantuan kepada guru
g.
Televisi mampu membawa sumber – sumber yang ada
di masyarakat ke dalam kelas
h.
Masyarakat akhirnya mengerti tentang sekolah
secara nyata
Acara pendidikan harus memiliki ciri – ciri sebagai
berikut :
1.
Mempunyai sasaran khalayak yang khusus/terbatas
2.
Tujuan umum acara sejalan dengan tujuan
pendidikan nasional negara yang bersangkutan
3.
Persyaratannya dilakukan secara sistematis dan
berseri
Thanks gan!!!
BalasHapusBuat rangkumannya, Akhirnya ane
bisa nyelesain tugas ane.
THANKS :D